7 Tips Keuangan Buatmu yang Mau Menikah Tanpa Merepotkan Orangtua

by -118 Views

 

5. Kencangkan ikat pinggang; hematlah dalam kencan. Lebih baik alokasikan uang untuk biaya foto prewedding, cetak undangan, dan cenderamata pernikahan

Kurangi frekuensi kencan mahal bersama pasangan. Kamu bisa membuat acara kencan sendiri di rumah dengan menonton film bersama di ruang TV, atau bahkan memasak bersama. Tidak hanya hemat, anggaran kencan mahalmu bisa dimasukkan ke dalam toples bersama untuk ditabung sebagai bekal biaya foto prewedding, undangan, serta cenderamata bagi acara pernikahanmu 2 tahun mendatang.

Rencana penghematan selama 4 tahun

Anggaran kencan per bulan: Rp. 200.000 x 48 bulan = Rp 9.600.000

Foto pre-wedding (paket menengah): Rp. 4.500.000

Cenderamata (Rp. 3000/pcs x 1000 tamu): Rp. 3.000.000

Undangan (Rp. 2000/pcs x 1000 tamu):  Rp. 2.000.000

Total biaya: Rp. 9.500.000

6. Hentikan tradisi tukar kado anniversary dan ulang tahun. Sebagai gantinya, kamu dan pasangan bisa transfer uang ke rekening bersama sesuai harga nominal kado — hitung-hitung untuk modal tambahan pernikahan

Selain mengurangi kebiasaan kencan mahal, kamu dan pasangan juga bisa mengganti tradisi membeli kado untuk perayaan hari jadi maupun ulang tahun kalian. Kamu dan pasangan bisa mentransfer uang ke dalam rekening bersama tiap kali merayakan hari jadi maupun hari ulang tahun. Tidak hanya lebih hemat, tetapi tentu saja hal ini lebih bermanfaat karena pundi-pundi rupiah kalian semakin banyak demi acara pernikahan kalian 2 tahun mendatang.

Rencana untuk 2 tahun :

Biaya kado Rp 200.000 x 2 kali anniversary x 4 kali ulang tahun kalian = Rp 1.600.000

7. Belum mapan atau kaya, sepeser uang pun tak boleh terbuang percuma. Catat segala pemasukan dan pengeluaran kalian, hitung-hitung latihan membina rumah tangga?

Setelah menetapkan target dan menabung serta berinvestasi, kamu dan pasangan juga harus mulai mengatur pemasukan dan pengeluaran kalian. Catat segala pendapatan serta pengeluaran kalian dalam sebulan supaya pengelolaan uang lebih rapi dan uang kalian tidak terbuang percuma.

Setiap kali kamu malas mencatat cashflow, putarlah di kepalamu: ini yang harus kamu lakukan nanti ketika sudah berumah tangga bersama dia.

Membiayai sendiri hari bahagia kalian di masa depan itu mungkin saja kok. Jika ada niat pasti ada jalan. Selamat mencoba tips di atas ya kalian para pasangan berbahagia! 😀

 

Sumber: www.hipwee.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *