6 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Dengan Puasa

by -157 Views

Tahukah anda, bahwa puasa disebut juga sebagai penyembuh ajaib. Hal tersebut dikarenakan fakta kondisi fisik yang justru pulih karena melakukan puasa. Puasa sebagaimana diketahui dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa pelakunya.

Tidak sedikit orang orang dimancanegara percaya dan meyakini bahwa berpuasa dapat memberikan keajaiban bagi tubuh manusia terutama untuk menyembuhkan penyakit. Saat orang orang berpuasa, mereka akan mengalami perubahan kondisi tubuh akibat kurang makan dan minum. Kurangnya asupan energi tersebut membuat tubuh melakukan autolisis dimana tubuh akan menggunakan simpanan lemak dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi.

Manfaat puasa yang paling tampak adalah rejufenasi yaitu peremajaan kulit tubuh serta perpanjangan harapan hidup. Metabolisme pun lebih rendah, produksi protein lebih efisien, meningkatnya system kekebalan serta perbaikan produksi hormone. Karena keseimbangan hormone dapat mencegah penuaan dan membuat orang awet muda. Hal hal tersebut dapat berkonstribusi terhadap kesehatan secara umum.

Berikut ini informasi 6 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Dengan Puasa

1. Maag

Penyakit maag disebabkan karena adanya luka atau peradangan pada lambung dan biasanya ditandai dengan gejala gejala sakit atau perih pada ulung hati , mual, muntah, kembung, cepat kenyang, sering bersendawa, nafsu makan menurun, nyeri pada dada, dan mulut terasa pahit. Untuk itu orang yang memiliki riwayat maag sebaiknya mengatur pola makan. Dan puasa menjadi salah satu cara untu mengatur pola makan penderita maag.

Umumnya penderita maag ragu untuk berpuasa karena takut penyakitnya akan kambuh. Namun ternyata, puasa dapat menyembuhkan penyakit maag. Pada saat berpuasa, seseorang tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Yang berarti selama waktu tersebut, system pencernaan tubuh tidak akan menerima makanan atau minuman.

Sebuah penelitian di paris yang melibatkan 13 relawan melakukan puasa selama bulan ramadhan. Ternyata terjadi peningkatan asam lambung pada minggu pertama puasa dan kembali normal setelah minggu kedua puasa. Dan puasa sendiri akan menurunkan hormone gastrin dan menurunkan asam lambung.

Selama berpuasa, seseorang akan makan secara teratur setiap harinya saat sahur dan berbuka. Serta tak lupa mengurangi konsumsi cemilan berlemak , kurangi rokok, kopi dan minuman berasoda. Selain itu berbuka puasalah dengan yang manis dan ringan. Lalu makan setelah menunaikan ibadah sholat. Hindari makanan berlemak, makanan yang mengandung gas seperti sawi dan kol, makanan yang merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, alcohol, susu full cream, makanan yang sulit dicerna seperti keju, dan makanan yang merusak dinding lambung seperti cuka dan pedas. Dengan puasa dan pengaturan pola makan yang baik, maka sakit maag pun dapat disembuhkan.

2. Obesitas

Banyak orang yang takut dengan masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Selain karena membuat tubuh menjadi tidak indah, obesitas juga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, obesitas dapat dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya. Dan puasa menjadi awal untuk memulai diet yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Terlebih di bulan ramadhan, cobalah membuat menu makanan yang sehat dalam menu sahur dan buka puasa anda.

Tentu dalam melakukan hal tersebut selama satu bulan akan mempermudah kebiasaan baik tersebut setelah bulan ramadhan selesai.

Next>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *