Inilah 5 Hal Wajib Diajarkan Pada Anak Keturunan Jawa Agar Tidak Dicap “Kacang Lupa Kulit”

by -115 Views

Jangankan askara jawa, bahasa krama saja mereka sekarang tidak tahu..!!

Perkembangan zaman membuat kita diharuskan mengikuti arus modernisasi sehingga budaya asli kadang tersisihkan dengan adanya globalisasi. Inilah yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik dan memberikan pengertian kepada anak agar bersikap selektif, apa yang baik dilakukan dan yang tidak maka ditinggalkan. Untuk membuat anak seperti itu terkadang sangat sulit karena faktor eksternal pada anak, misalnya adalah pergaulan dan lingkungan.

Agar tidak terjadi hal yang seperti disebutkan sebelumnya, pastinya perlu beberapa pencegahan agar generasi penerus kita kelak jadi tidak lupa akan budaya aslinya sendiri akibat tergerus zaman. Salah satunya adalah dengan mengajarkan budaya sejak dini. Jangan sampai orang-orang tua kelak menyebut generasi penerus sebagai orang jawa yang sudah tidak “njawani”. Berikut adalah beberapa cara agar hal itu tidak terjadi.

1. Menekuni lagi aksara Jawa

Banyak orang apalagi mereka yang sudah lepas bangku SD dan SLTP lupa akan materi kedaerahan terutama pelajaran bahasa Jawa. Hal itulah yang harus kita lakukan sebagai ibu untuk membekali anaknya agar tidak melupakan apa yang dimiliki sukunya. Aksara Jawa perlahan hilang karena anak-anak kita lebih memilih mengenal tulisan latin biasa daripada aksara jawa.

Pun demikian dengan bahasa daerah, anak-anak kita jarang yang bisa menggunakan “kromo” halus. Ibu-ibu lebih memilih mengajari bahasa Indonesia daripada percakapan keseharian suku mereka yakni Jawa. Bukan berarti bahasa Indonesia tidak penting, mempelajari bahasa keseharian alias Jawa pun menjadi hal yang wajib. Banyak di antara anak-anak kita yang berbicara dengan orang yang lebih tua disama ratakan dengan berbicara kepada teman-temannya. Ya, hal tersebut memang pengaruh dari pendidikan dan pengenalan lingkungan yang mungkin kurang dari orang tua.

Next>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *