Beda Nasib Mantan Pemain Tim Nasional, Ada yang Jadi Kuli, Sopir Hingga Pengusaha

by -72 Views

Merdeka.com – Banyak yang mengatakan, jika berkarier sebagai atlet tidak bisa menjamin kesejahteraan hidup hingga masa tua. Meski pernah sukses dan menorehkan prestasi, tak ada jaminan hidup tetap sejahtera saat sudah pensiun dari dunia olahraga.

Hal tersebut pula yang dirasakan oleh para mantan pemain Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, yang banting setir dan memilih profesi yang tak disangka. Namun ada juga yang sukses. Berikut informasi selengkapnya:

Alexander Pulalo Jadi Sopir

profesi pemain bola

©2020 Merdeka.com

Mantan punggawa Timnas kelahiran Jayapura, Alexander Pulalo kini harus menjalani pekerjaan barunya sebagai seorang sopir. Ia bekerja sebagai sopir di salah satu perusahaan televisi swasta di Jakarta.

Sebelumnya, Alex sempat membela beberapa klub-klub sepakbola Tanah Air seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Pelita Jaya dan lain sebagainya. Berdasarkan kemampuannya, banyak klub besar berebut Alex untuk mendapatkan Alex.

2 dari 7 halaman

Anang Maruf Jadi Ojek Online

profesi pemain bola

©2020 Merdeka.com

Anang Ma’ruf merupakan mantan pemain Timnas Indonesia yang pernah menyumbangkan medali perak pada ASEAN Games tahun 1997 dan medali perunggu pada ASEAN Games 1999. Anang merupakan salah satu pemain sepakbola yang bisa dibilang cukup sukses di masanya.

Karena kebutuhan ekonomi Anang sempat menjadi pengemudi ojek online.

3 dari 7 halaman

Fachri Firmansyah Jadi Securiti dan Kuli Panggul

Fachri Firmansyah, merupakan mantan punggawa Timnas yang harus mengubur mimpinya menjadi pesepakbola kenamaan Indonesia lantaran cedera yang dialaminya. Ketika bergabung bersama Timnas U-19, Fachri mengalami cedera ligamen di lututnya saat membela Timnas di Piala Cotif Spanyol tahun 2014 silam.

Next >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *