Penelitian: Ada 6 Tipe Covid-19 dengan Gejala Berbeda-beda

by -102 Views

Ilmuwan asal Inggris dua hari lalu mengungkapkan ada enam tipe virus corona dan masing-masing tipe memperlihatkan gejala yang berbeda-beda.

Para peneliti itu mengumpulkan data dari The Covid Symtom Study, aplikasi yang dipakai empat juta warga Inggris untuk melaporkan gejala yang mereka alami ketika terinfeksi Covid-19.

Laman Al Arabiya melaporkan, Minggu (19/7), data yang diperoleh para peneliti itu mengungkapkan orang yang terinfeksi Covid-19 melaporkan ada gejala tambahan selain dari yang selama ini diketahui seperti batuk, demam, dan kehilangan bau.

Gejala-gejala ini bisa dikelompokkan menjadi enam kaster yang berbeda-beda. Demikian dilaporkan The Covid Symptom Study setelah para ilmuwan dari King’s College London menganalisis hasilnya.

Berikut enam klaster dari tipe Covid-19 yang dilaporkan:

1. Gejala mirip flu tanpa demam
Gejala tambahan: kepala pusing, badan sakit-sakit, kehilangan indera penciuman, sakit tenggorokan, batuk, sakit dada, tanpa demam.

2. Mirip flu dengan demam
Gejala tambahan: kepala pusing, kehilangan indera penciuman, sakit tenggorokan, kehilangan selera makan, batuk, suara serak, demam.

3. Pencernaan
Kepala pusing, kehilangan indera penciuman, kehilangan selera makan, sakit tenggorokan, sakit dada, tidak batuk, diare.

4. Tingkat keparahan level satu, lesu
Kepala pusing, kehilangan indera penciuman, batuk, sakit dada, demam, suara serak, lesu

5. Tingkat keparahan level dua, kebingungan
Kepala pusing, kehilangan indera penciuman, kehilangan selera makan, batuk, sakit tenggorokan, sakit dada, demam, suara serak, lesu, sakit-sakit badan, bingung

Kemudian , , ,

Next >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *