Bakal Kapok, Inilah yang Bikin Penjahat Insyaf Jika Polisi Indonesia Gunakan Teknologi Ini

by -283 Views

Akhir-akhir ini, teknologi pendeteksi wajah atau Face Recognition sedang laris-larisnya dipasang pada ponsel cerdas. Kemampuan pintarnya untuk mengenal wajah seseorang dengan cepat, membuat keberadaanya diadopsi sebagai nilai tambah yang menaikkan harga jual dari sebuah smartphone. Saking canggihnya, teknologi pengenalan wajah ini mulai digunakan oleh Kepolisian. Salah satunya adalah penegak hukum di negara Tiongkok.

Dengan bantuan sistem canggih itu, Polisi Tiongkok mampu membekuk seorang pelaku kejahatan di antara kerumunan manusia sebanyak 60000 orang. Keren kan Saboom. Jika melihat fungsinya yang begitu handal di tangan penegak hukum, apa yang bakal terjadi jika Kepolisian Indonesia menerapkan hal yang serupa? Simak baik-baik di bawah ini.

Lebih mudah menemukan pelaku kejahatan

Sama seperti yang dilakukan oleh aparat keamanan Tiongkok, Polisi di Indonesia juga dapat menemukan pelaku kejahatan dengan mudah dan cepat. Menggunakan teknologi pendeteksi wajah, sistem ini bisa diletakkan pada kamera CCTV yang tersebar di keramaian atau area publik. Banyaknya daerah terpencil di Indonesia yang masih belum terjangkau dengan teknologi, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pihak kepolisian. Meski begitu, bukan tidak mungkin sistem ini akan digunakan oleh aparat penegak hukum di masa yang akan datang.

Next>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *