Hati-Hati, Ini Tren Kecantikan Viral di TikTok Yang Berbahaya

by -32 Views

Selain sebagai hiburan di waktu bosan, TikTok juga sekarang jadi sumber informasi. Dari sharing berbagai tips, Anda juga bisa menemukan tips kecantikan di TikTok, nah tetapi 2 tren yang viral di Tiktok ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa berbahaya untuk kulit Anda. Ada apa saja?

Menggunakan cleansing balm selama 15 menit untuk mengangkat komedo

TikTok diguncangkan video orang-orang yang mencoba memijat wajah selama 15 menit menggunakancleansing balm yang dipercaya gunanya adalah mengangkat oil plug (sumbatan minyak pada pori-pori) atau sebaceous filaments, yang ternyata beda dari komedo. Ini ternyata berangkat dari YouTube Video seorang ahli kecantikan bernama Nayamka Roberts-Smith. Padahal video yang “menginspirasi” video viral di TikTok ini, tidak menunjukkan hal yang sama.

Akibat booming di TikTok, salah satu merekcleansing balm lokal ikutan tenar dan berujung sold out di mana-mana karena diburu penonton TikTok yang juga ingin mencoba trik ini.

Namun, meskipun masih jadi perdebatan, ini belum tentu efektif dan bisa saja malah membuat kulit menjadi iritasi. Banyak yang sudah mencobanya dan merasa ada bulir-bulir yang keluar, tapi ada juga yang mencobanya dan tidak merasakan perubahan apa-apa di wajah selain tangan yang pegal.

Untuk Anda dengan kulit sensitif sebaiknya tidak mencoba teknik ini karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit akibat gesekan. Sebaiknya gunakan cleansing oil/cleansing balm secara normal saja, usap-usapkan secara 30 detik sebelum diluruhkan dengan air.

Menggunakan The Ordinary Peeling Solution

TikTok memang juara, ada satu lagi produk yang jadi laris manis, langka, dan kemudian harganya menjadi naik pesat di market place. Yap! The Ordinary 30% AHA + 2% BHA Peeling Solution. Tenar di TikTok, banyak orang jadi latah dan ingin mencoba produk ini, padahal… ini produk yang sangat keras, apalagi untuk pemula. Bukan kulit mulus bebas jerawat yang bisa Anda miliki, kulit wajah Anda malah bisa terbakar serius dan menimbulkan luka.

Untuk produk yang dijual bebas, kandungan AHA/BHA yang disarankan adalah yang di bawah 10%, sementara produk ini mengandung 30% AHA yang tentu sangatlah besar. Dikutip dariDazeddigital, Sara Chaudry menuliskan pengalamannya mengalami luka bakar setelah menggunakan Peeling Solution ini. Sesuai petunjuk, ia mendiamkannya tidak sampai 10 menit, dan merasakan sensasi tingling/menggigit di wajah. Ia terbangun dengan wajah memerah dan terbakar. Ia mengalami chemical burn, kulit yang terbakar akibat bahan kimia.

Wajah Sara yang terbakar sesuai memakai peeling solution (sumber: Twitter/_sarachaudry

Teodora Brotherns, seorang ahli kecantikan mengatakan bahwa, “30% AHA sangatlah tinggi, apalagi untuk produk kosmetik yang dijual bebas. Saya menyarankan Anda berkonsultasi pada ahli sebelum memakainya.”

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *