Sudah Mulai Langka, Buah Ini Ternyata Dahsyat Obati Diabetes, Kanker Hingga Mencegah Kebutaan

by -56 Views

Nama buah Juwet di telinga anak-anak zaman sekarang mungkin terdengar asing. Bagaimana tidak? Keberadaannya saat ini memang sulit ditemui. Jangankan di pasar tradisional, di mall-mall super lengkap saja nggak bakal bisa didapat.

Namun, berbeda bagi anak-anak angkatan 90-an, mungkin dulu kamu sering menikmati buah dengan rasa unik ini. Saat ingin bernostalgia dengan menikmati buah juwet, di mana pula bisa membelinya? Keberadaannya saat ini bak misteri. Rindu buah juwet? Mungkin lima hal ini akan mengorek kenangan kamu bersama buah legendaris tersebut di masa kecil.

Tahun 80-90an, mungkin buah ini begitu mudah dicari. Dulu banyak sekali penjual yang menjajakan juwet di dalam kantong plastik. Para ibu mungkin menjadikan buah ini untuk oleh-oleh anak sepulang dari pasar. Harganya murah, dan mungkin itu yang membuat buah juwet kurang dihargai. Pohonnya banyak ditebang. Hingga anak-anak generasi saat ini nggak kenal lagi buah legendaris tersebut. Seperti kita ketahui, lahan di Indonesia makin lama didominasi oleh bangunan.

Dengan berkurangnya kebun maupun pekarangan yang ada maka tak heran beberapa pohon atau tanaman yang biasanya ada di kebun tersebut berkurang jumlahnya. Dan bahkan kini mulai langka untuk ditemukan.

Mungkin hal itu yang bikin pohon-pohon juwet jadi sangat jarang dijumpai. Kalau kamu coba tanya pada anak-anak zaman sekarang perihal buah juwet, mungkin sebagian besar menjawab, “nggak tahu”.

Sedikit miris jika anak-anak zaman sekarang tidak bisa merasakan sensasi rasa buah juwet yang nggak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Terlebih, buah juwet bukanlah buah sembarangan, buah ini ternyata menyimpan banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh.

Selain memiliki rasa yang unik, sejatinya juwet menyimpan banyak sekali manfaat. Mungkin selama ini juwet kerap dipandang sebelah mata, namun siapa sangka jika buah yang juga dikenal dengan jamblang ini memiliki berbagai manfaat seperti dibawah ini:

Next>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *