Bukan Cuma Orang Dewasa Saja Perlu Sarapan, Anak-Anak Juga Perlu Loh. Berikut 5 Alasannya

by -158 Views

Waktu sarapan kerap kali dihindari si kecil. Hal ini menjadi masalah tersendiri untuk para ibu karena sarapan sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak.

Berdasarkan data dari Indian Pediatrics tahun 2008, alasan anak kecil memilih tidak sarapan karena tidak suka dengan menu yang disediakan, tidak ada waktu sarapan, dan sebagian ibu memang tidak menyiapkan sarapan. Penyebab terbesar lainnya karena anak sangat sulit dibangunkan.

Padahal ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan tubuh saat kita tidak melewatkan waktu sarapan.

Penasaran apa saja kelebihannya? Berikut 5 alasan mengapa sarapan sangat penting untuk sang buah hati.

Membuat kinerja otak anak cemerlang

Percaya atau tidak, sarapan ternyata membuat si kecil lebih cerdas di sekolah.

Saat kita tidur semalaman, sistem metabolisme tetap bekerja serta membakar habis karbohidrat dan kadar glukosa yang tersedia dalam tubuh. Keduanya penting untuk dikonsumsi di pagi hari karena dapat meningkatkan konsentrasi dan memaksimalkan fungsi kerja otak.

Oleh karena itu, waktu makan di pagi hari sangat berpengaruh bagi prestasi anak di kelas. Telur bisa menjadi pilihan menu saat sarapan karena kandungannya dapat menyehatkan otak.

Menguatkan daya ingat

Menurut penelitian Journal of American Dietetic Association 2005, sarapan cenderung memantapkan fungsi kognitif yang berkaitan dengan memori.

Jadi, jangan heran apabila anak-anak yang tidak melewatkan waktu sarapan terlihat lebih aktif dalam diskusi dan dapat mengolah soal akademis yang kompleks sekalipun. Sedangkan mereka yang tidak makan di pagi hari akan terlihat lamban dan lalai dalam tugas.

Next >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *