Muhammadiyah Kembali Berikan Bantuan 13 Miliar Rupiah untuk Palestina

by -1182 Views
Muhammadiyah Kembali Berikan Bantuan Rp. 13 Miliar untuk Palestina
Muhammadiyah Kembali Berikan Bantuan Rp. 13 Miliar untuk Palestina

kitaviralkan.com – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah kembali menunjukkan kepeduliannya dengan menyumbangkan bantuan senilai Rp. 13 miliar untuk Palestina. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada mitra lokal di Palestina melalui program Lazismu dan Muhammadiyah Aid.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengungkapkan bahwa total dana yang terkumpul dalam dua periode bantuan bagi Palestina mencapai Rp. 40 miliar. Periode pertama dimulai sejak tahun 2018 hingga sebelum terjadinya konflik kembali pada tahun 2023, di mana Muhammadiyah telah menyumbangkan bantuan senilai Rp. 27 miliar.

Bantuan kedua sebesar Rp. 13 miliar akan disalurkan kepada perwakilan Palestina sebagai bentuk dukungan lebih lanjut. Haedar Nashir berterima kasih kepada seluruh anggota Muhammadiyah dan para simpatisan yang telah menunjukkan kepedulian terhadap Palestina. Acara penyerahan bantuan ini berlangsung pada Rabu (1/11) di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam berbagai bentuk barang dan program kemanusiaan. Meskipun penggalangan dana periode kedua untuk Palestina telah berakhir, Muhammadiyah tetap berkomitmen untuk mengembangkan program-program kemanusiaan, pemberdayaan, dan resolusi konflik di masa depan.

Selama acara tersebut, Haedar Nashir juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia atas sikapnya terhadap Palestina. Ia menilai pernyataan Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, di PBB sebagai bukti kesungguhan Indonesia dalam mendukung Palestina dan mengutuk agresi serta penjajahan Israel.

“Kami sekali lagi menegaskan bahwa pengumpulan dana untuk Palestina adalah wujud kepedulian Muhammadiyah, dan kami berharap agar semua pihak turut bergerak dalam arah yang sama,” ungkap Haedar.

Pengiriman bantuan Muhammadiyah ke Palestina menggunakan beberapa skema. Pertama, bantuan akan disalurkan melalui mitra lokal yang telah terlibat dalam program sebelumnya. Mitra-mitra lokal ini akan mendistribusikan bantuan dari stok obat dan makanan yang dikirim dari daerah-daerah di Palestina di luar kota Gaza.

Kedua, bantuan akan dikirimkan dari Indonesia dengan koordinasi pemerintah Indonesia, yang akan mengirimkan bantuan melalui Mesir dan Palang Merah. Pengiriman bantuan melalui pemerintah Indonesia dijadwalkan akan berlangsung akhir pekan ini. Muhammadiyah akan mengirimkan bantuan berupa 2.400 kaleng RendangMu dan 600 paket Family Kit yang berisi selimut, handuk, dan pakaian dalam.

Pengiriman barang akan dilakukan menggunakan pesawat Hercules menuju Mesir dan akan diserahkan melalui Palang Merah oleh pemerintah sebagai bagian dari kontribusi masyarakat Indonesia untuk Palestina. Pengiriman bantuan ini akan dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia dari Halim Perdana Kusuma.

Dalam acara tersebut, Haedar Nashir didampingi oleh Syafiq Mughni, Ketua PP Muhammadiyah, Bachtiar Dwi Kurniawan dari Muhammadiyah Aid, dan Ardi Luthfi Kautsar dari Lazismu PP Muhammadiyah. (red/mhd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *