7 Rahasia Nenek Moyang Serta Putri Zaman Dulu Agar Tetap Cantik dan Awet Muda Tujuh Turunan

by -194 Views

Nggak perlu bahan kimia, yang alami juga ampuh loh!

Sebelum ada bahan-bahan kimia yang diproduksi di pabrik hingga menghasilkan berbagai hal yang dipakai sekarang, nenek moyang kita dulu memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitarnya. Bisa kita ambil contoh sebelum ada yang namanya sampo, apa yang digunakan nenek moyang kita dulu?

Pernahkah berpikir apakah mereka menggunakan shampoo dulu? Tentunya tidak kan guys. Nenek moyang kita dulu menggunakan bahan-bahan alami seperti dedaunan,tanah, bahkan bahan-bahan yang tidak kita sangka bisa digunakan untuk merawat dan membersihkan bagian-bagian tubuh. namun faktanya mereka juga kondisi kulit dan kecantikan mereka terjaga bahkan bisa dibilang awet muda. Kira-kira kenapa bisa begitu ya? simak ulasan berikut.

1. Membersihkan Rambut Menggunakan Tanah Liat

Ada yang pernah lihat orang membersihkan rambutnya dengan tanah liat? Kalau kita lihat dari bentuknya tanah liat sendiri memiliki kontur yang lunak dan lembek. Tetapi ternyata orang-orang pada zaman dahulu menggunakan tanah lihat untuk keramas. Apakah nggak tabah kotor tuh rambut? Percaya atau tidak,  masih ada di sudut-sudut desa kecil yang memanfaatkan tanah liat untuk keramas. Tentunya kita yang ada di zaman modern bertanya-tanya apa sih hubungannya antara keramas dan tanah liat itu kan ya?

Berdasarkan wawancara dengan seorang nenek tua di Desa Sumbersih, Kabupaten Malang ini mengatakan bahwa keramas menggunakan tanah liat membuat rambut bersih, kuat dan bebas dari ketombe. Itulah sebabnya, beliau masih bersikukuh menggunakan tanah liat sampai sekarang. Beliau juga menambahkan bahwa pada zaman dahulu, tidak ada yang namanya sampo dan produk kimia seperti sekarang ini. Bisa dibilang kalau penyakit rambut baru menyebar bersamaan dengan produk baru berupa sampo dan lain-lain.

Next>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *