Viral Video Ular Lilit Rusa, Penonton Debat Ditolong atau Dibiarkan

by -11 Views

Sebuah video hewan kembali viral di Twitter, menunjukkan seekor ular piton yang sedang melilit rusa. Tiba-tiba seseorang yang tidak terlihat wujudnya nampak ‘membantu’ rusa yang sedang dililit tersebut. Video ini sudah ditonton sekita 2,4 juta kali.

Namun, warganet menganggap orang itu telah menganggu hukum alam. Yang jadi pembahasan di sini berkaitan dengan rantai makanan. Sejatinya, ular yang termasuk hewan karnivora harus memakan rusa yang herbivor untuk menjaga keseimbangan alam. Ular tersebut akan mati apabila tidak mendapat mangsa lagi.

Hal itulah yang akan memutus rantai makanan.

 

Dilansir dari pemilik asli video, lokasi kejadiannya adalah di Kebun Bintang Khao Kheow, Thailand. Hal ini juga yang menimbulkan kontra, bahwa memang betul jika di alam liar maka hukum rantai makanan akan berlaku. Tapi tidak jika hal ini terjadi di penangkaran.

Sementara itu ada juga warganet yang berkomentar menolong atau membiarkan harus melihat lokasi kejadian. Ada banyak lokasi di mana ular itu bukan satwa lokal maka ia tak punya pemangsa sehingga tak masalah jika rusanya ditolong demi menjaga keseimbangan.

Warganet pun lain berujar, “Saya suka bagaimana kalian berkomentar ‘mengapa kamu menganggu (proses tersebut)? Sedangkan jika orang dalam video tidak menolong rusa, maka kalian akan berkata ‘ayolah, tolong rusa malang tersebut.’ Kita tidak bisa menang di dunia ini, jadi lakukan saja apa yang menurutmu benar,” ucap akun @rem_most.

Sedangkan warganet lain memberikan dasar dari mana manusia memiliki rasa bahwa ia harus membantu rusa tersebut.

 

Jadi kalau kamu bertemu ular besar sedang melilit rusa, kamu akan menolong atau membiarkan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *